Saturday 8 February 2014

Memahami Definisi Masjid

BY Unknown No comments

 
Kata masjid terulang sebanyak dua puluh delapan kali di dalam al-Qur’an. Diantara ayat al-Qur’an yang menyebutkan kata Masjid yaitu:
“ Sesungguhnya masjid-masjid itu adalahmilik Allah, maka janganlah kamu menyembah sesuatupun selain Allah.” (QS al-Jinn: 18)
Dalam ayat lain, Allah menjelaskan makna sujud sebagai wujud penghormatan atau pengakuan pihak tertentu terhadap pihak lainnya. Sebagaimana dalam firman Allah QS. Albaqarah: 34 dan QS. Thaha: 70. Dalam ayat lainnya Allah menjelaskan sujud sebagai wujud implementasi ciptaan Allah dalam menjalankan sunnatullah, sebagaimana termaktu dalam QS. Ar-Rahman:6. Kata masjid juga disebutkan dalam beberapa ayat yang menjelaskan kedudukan masjid, seperti dalam QS. An-Nur: 36-37.
Berdasarkan tinjauan terhadap ayat-ayat  tersebut, dapat disimpulkan bahwa masjid adalah suatu tempat yang merupakan tempat khusus dalam mengaktualkan syariat, misalnya seperti shalat.
Menurut terminologi, kata masjid berasal dari bahasa arab “sajada-sujud” yang bermakna patuh, taat, serta tunduk dengan pernuh hormat dan takzim. Dalam syari’at, bentuk lahiriah dari sujud adalah meletakkan dahi, kedua tangan, lutut, dan kaki ke bumi yang selanjutnya tempat maupun bangunan yang dikhususkan untuk melaksanakan shalat dinamakan masjid.
Menurut An-Nasafi, definisi masjid adalah rumah yang dibagun khusus untuk shalat dan beribadah kepada Allah didalamnya. Menurut  al-Qadhi ‘iyadh, kata masjid juga dapat diartikan sebagai semua tempat di permukaan bumi yang memungkinkan untuk menyembah dan bersujud kepada Allah. Sebagaimana Nabi SAW bersabda: “Telah dijadikan untukku (dan untuk umatku) bumi sebagai masjid saran penyucian diri.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Sementara menurut Dr. Quraish Shihab, MA, jika dikaitkan dengan bumi ini masjid bukan hanya sekedar tempat sujud dan sarana penyucian. Disini kata masjid juga tempat melaksanakan segala aktifitas manusia yang mencerminkan kepatuhan kepada Allah Swt.
Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan pengerttian masjid yaitu tempat (bangunan) khusus yang digunakan sebagai mediator untuk mengaktualisasikan syari’at Allah berupa Ibadah seperti shalat.
 
Sumber foto : http://gambar.co/40-gambar-masjid-terindah-di-dunia.html

0 komentar: